Pages

Subscribe:

Selasa, 19 Januari 2010

Modifikasi Power Supply Komputer

Bagi teman-teman yang kesulitan untuk mendapatkan power supply yang mempunyai arus besar tetapi mudah di dapatkan otomatis dengan harga yang murah,namun ini membutuhkan pengetahuan teman-teman ni,berikut akan saya jelaskan tips-tips untuk memodifikasi power supply komputer/ATX
tidak ada salahnya kita menggunakan trik ini untuk memenuhi kebutuhun kita akan power supply. Di samping murah trik ini juga dapat menghasilkan amper yang besar untuk power supply kita. Trik ini sangat berguna sekali untuk rekan- rekan yang hobby ngebrik ( istilanya ) baik itu di 2 meteran atau di FM. Kita ketahui bersama bahwa pesawat pemancar sangat membutukan kosumsi power suplay dengan arus yang besar. Mudah mudahan trik ini bermaanfaat untuk kita semua.
 
Pertama yang kita butukan adalah power Supplynya komputer yang sudah tidak terpakai. Kita bisa beli ditukang loak (rosokan). paling paling harganya sekitar 10 ribuan. Perlu diketahui bahwa Power Supply komputer arus yang keluarnya besar adalah pada tegangan 5 Voltnya . Sedangkan yang 12 Volt keluar arusnya agak kecil. Sedangkan yang kita butuhkan adalah tegangan 12 Volt. Untuk itu perlu di modifikasi dengan cara sebagai berikut :
cara pertama: 

  • Cari rasistor pada pin nomer 1 IC LM 494 yang menuju ke tegangang 5 Volt output ganti dengan rasistor dengan nilai 18 - 22 K , hubungkan dengan 12 volt output.
  • Ganti R pin nomer 4 IC LM 494 yang ke ground dengan R 47 Ohm
  • Dioda yang berbentuk seperti transisitor yang terletak dijalur 12 Volt output ganti dengan diode yang berhubungan dengan 5 volt output. Karena ini yang menentukan besar kecilnya ampere. 
  • Ganti lilitan pada batang Ferit cincin dengan kawat email yang besar. 
  • Yang terakhir, Transistor kembar biasanya pakai D4242 ganti dengan C 2625 Untuk switch on nya jamper kabel warna hijau dengan kabel warna hitam.
 cara kedua:
  • Pada pin 1 IC TL-494 terdapat 6 buah resistor yang terhubung lansung, yaitu 3 buah resistor paralel ke ground dengan nilai 120K, 56K dan 18k, jangan lakukan perubahan apapun pada ketiga resistor ini. Selain itu ada 3 resistor lagi yang tersisa yaitu 15K terhubung ke output +3.3V, 4k7 ke +5V dan 27K ke +12V. Cabut ketiga resistor tersebut.
    Ganti resistor 27K yang telah dicabut diatas dengan sebuah resistor sebesar 10K dan Trimpot sebesar 20K, tegangan output 13.8V diperoleh pada nilai sekitar 26.6K. Anda dapat melakukan adjusting tegangan keluaran melalui trimpot tersebut.
  • Cabut kondensator elektrolit sebesar 1500uF/16V pada keluaran +12V, lalu ganti dengan kapasitor baru dengan kapasitansi dengan tegangan kerja lebih tinggi, misal 35V, 50V, dst. Komponen ini berfungsi sebagai perata arus, jadi makin besar kapasitansinya makin bagus. Saya menggunakan 2 buah secara paralel masing-masing sebesar 3300uF/50V.untuk teman-teman bisa memakai capasitor elctrolit dengan berukuran yang lebih besar


Untuk mencoba tegangan apakah keluar sebesar 13,8V gunakan AVO digital agar hasil lebih jelas dan adjust trimpot sebesar 20k sampai menhasilkan tegangan 13,8V .Setelah itu proses modifikasai sudah selesai, tinggal kita tes hasilnya. Cara yang paling mudah adalah dengan mengkonsletkan kutub - dengan kutub + pada sekring 20 ampere. kalau bisa putus berarti modifikasi berhasil dan siap digunakan. Selamat bereksperimen sobat..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar